Macam-macam Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan lengkapnya (Simple & Lengkap))

Macam-macam Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan lengkapnya (Simple & Lengkap)) - Hallo selamat datang di Informasi Seputar Android, Saat ini kita akan mengulas postingan tentang Macam-macam Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan lengkapnya (Simple & Lengkap)), Dari sumber informasi terpercaya dan sangat akurat, untuk Artikel JARINGAN, Artikel modul pembelajaran jaringan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Macam-macam Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan lengkapnya (Simple & Lengkap))
link : Macam-macam Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan lengkapnya (Simple & Lengkap))

Baca juga


Macam-macam Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan lengkapnya (Simple & Lengkap))

Macam-macam Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan lengkapnya (Simple & Lengkap))
Assalamualikum Wr. Wb
hallo guys.? apakah anda seorang anak jaringan ..? atau berminat masuk jurusan komputer jaringan..? yap betul, ok sebelum mengenal apa itu jaringan lebih dalam. diharuskan temen temen tahu dulu hal apa saja perangkat sebuah jaringan ..? oleh karna itu yu kita simak bersama.

Apa itu Perangkat Jaringan..!

Perangkat jaringan pada komputer merupakan alat pendukung untuk menjalankan tranformasi data sehingga perangkat bersangkutan dapat beroperas, yah seperti itu lah. untuk lebih jelasnya silahkan baca baca lagi..! karna kita akan langsung bahas satu persatu perangkat jaringan tersebut.

Macam-macam Prangkat Jaringan komputer

Pertama, Network Ethernet (kartu jaringan)

Network Ethernet merupakan kartu yang dipasang dalam sebuah pc agar dapat terhubung dengan komputer lain. Melalui jaringan LAN dan Wireless LAN. setiap jaringan memiliki MAC (Medium Access Control) yang unik sehingga tidak akan ada dua kartu jaringan yang memiliki MAC Addres yang sama. 

Berdasarkan Jenisnya katu jaringan terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya..!
  1. Wireless card merupakan salah satu perangkat jaringan yang bisa menghubungkan dua atau lebih device  tanpa menggunakan media kabel (nirkabel). Dengan menggunakan wireless card, komputer bisa saling terhubung melalui jaringan wifi, tanpa harus menggunakan kabel jaringan.
    Prangkat Jaringan komputer serta
  2. LAN Card Merupakan Sama halnya dengan Wireless card, LAN card juga berfungsi menghubungkan menghubungkan dua atau lebih device dengan menggunakan media kabel. LAN card juga bertugas mengubah aliran data yang berbentuk paralel menjadi bentuk serial, sehingga dapat ditransmisikan melalui media jaringan seperti kabel UTP.
    Prangkat Jaringan komputer serta

Kedua, Perangkat Jaringan HUB

Hub merupakan salah satu perangkat jaringan yang bertugas mengubah sinyal transmisi jaringan, sehingga komputer  satu dengan yang lainnya dapat saling terhubung.

Prangkat Jaringan komputer serta
Prinsip kerja hub ialah dengan cara menyalin sekumpulan paket data dari sebuah sumber yang tersambung dengan port pada hub itu dan membagikan kepada seluruh port yang tersambung dengan hub tersebut.

sedangkan kelemahannya adalah tidak mampu membagi paket data ke setiap port dengan adil dan rata. berbeda dengan switch,karna switch bisa membagi paket data dengan rata.

Ketiga, Perangkat Jaringan Switch
Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan

Switch merupakan perangkat jaringan berfungsi hampir sama dengan HUB, Fungsi utamanya adalah untuk menerima sinyal, dan mengirimkan data jaringan dari server ke jaringan perangkat lain.

Tapi Switch  lebih cerdas dalam membagi sinyal koneksi karena dapat mengatasi masalah collision data(tabrakan data). Tidak hanya itu, switch juga mampu membuat beberapa komputer mendapatkan kecepatan internet yang setara.

Selain itu, switch tidak hanya digunakan untuk membagi sinyal tetapi juga memfilter paket data kemudian meneruskannya ke jaringan yang dituju.

Ke-Empat, Perangkat Jaringan Router
Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan

Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga pengiriman data antar perangkat bisa terjadi. Router juga bisa menghubungkan dua jaringan yang berbeda, contoh : 135.165.112.6/24 bisa terhubung ke 163.190.231.4/24 begitu dengan sebaliknya. Router bisa menghubungkan network / jaringan yang menggunakan topologi seperti bus, star dan ring.

Sekilas cara kerja router bisa dibilang mirip dengan bridge, yakni sama-sama meneruskan paket data, membagi jaringan menjadi beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen jaringan tersebut, hanya saja router berada pada lapisan ketiga OSI Layer

dalam penggunaannya router terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu..!

  1. IP Router adalah router yang digunakan dalam teknologi jaringan berbasis protokol TCP/IP. 
  2. Access Server adalah router yang digunakan untuk membuat koneksi antara jaringan LAN dengan sebuah layanan telekomunikasi (telekomunikasi leased line / Digital Subscriber Line). 
  3. DSL Router adalah router yang digunakan menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi jaringan DSL (Digital Subscriber Line).
Router-router tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan fitur firewall. Router juga memiliki kemampuan untuk memblokir lalu lintas data yang dikirimkan melalui broadcast. sehingga mencegah terjadinya broadcast storm yang bisa mengakibatkan kinerja jaringan lebih lambat.

Ke-Lima, Perangkat Jaringan Repeater
Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan

Repeater merupakan perangkat jaringan yang berfungsi memperluas dan memperkuat sinyal wifi. Cara kerjanya adalah menerima sinyal dari server, kemudian memancarkannya kembali dengan jangkauan yang lebih luas dan kuat, dengan begitu sinyal yang lemah dapat dipancarkan kembali menjadi lebih kuat dan luas.

Adapun beberapa fungsi Repeater berdasarkan cara kerjanya, sebagiberikut..!
  1. Memperluas Jangkauan Sinyal Server dengan begitu sinyalnya akan bisa diakses lebih jauh oleh perangkat lain. sehinjgga dalam jarak yang jauh sebuah perangkat bisa mengakses paket data dari server.
  2. Mempermudah Mengakses Sinyal WiFi sehingga banyak perangkat yang lebih mudah dalam mengakses wifi karena jaringan sudah diperkuat.
  3. Meminimalisir Penggunaan Kabel Jaringan karena repeater mampu memperkuat sinyal sehingga tidak memerlukan kabel untuk mengakses paket data.

 

Ke-Enam, Prangkat Jaringan Bridge
Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan

Bridge merupakan perangkat jaringan yang memiliki fungsi memperluas suatu jaringan sekaligus membuat sebuah segmen jaringan.

Cara kerja bridge yaitu mengenali alamat MAC yang mentransmisi sebuah data ke jaringan, kemudian bridge akan membuat tabel internal secara otomatis, dimana tabel ini dapat menentukan segmen mana yang akan dirouting maupun yang akan difilter.

Ke-Tujuh, Prangkat Jaringan Modem
Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan

Modem (Modulator demodulator) berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya.

Data yang diberikan kepada komputer ke modem umumnya berbentuk sinyak digital. Maka dari itu, ketika modem mendapatkan data berbentuk sinyal analog, modem harus merubahnya terlebih dahulu menjadi sinyal digital agar dapat diproses lebih lanjut oleh komputer.

Ke-Delapan, Prangkat Jaringan Kabel

kabel merupakan perangkat yang digunakan sebagai penghubung/ transmisi antara suatu perangkat dengan yang lainnya.  jenis kabel yang digunakan tergantung pada jenis jaringan yang digunakan, ada beberapa kabel yang biasa di gunakan, diantaranya..!
  • Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) 
    Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan
kabel ini biasa digubakan sebagai media penghubung antara komputer dan peralatan jaringan lainnya seperti (Hub atau Switch).

setiap kabel terdiri dari 4 pasang (pair) kabel yang tiap pair-nya disusun spiral atau saling berlilitan. keempat pasang kabel (8 kabel) tersebut berupa kebel tembaga tunggal berisolator dan tidak dilengkapi dengan pelindung (Unshilded), sehingga kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. adapun beberapa jenis kabel UTP, sebagai berikut

  1. Kabel UTP kategori 5 : murupakan kabel yang di desain untuk komunikasi data dengan kecepatan hingga 100 Mbps. kabel ini menggunakan kabel tembaga dalam konfigurasi empat pasang kawat yang di pilih(twisted pair).serta dapat mendukung jaringan ethetnet (10BaseT) dan Fast Ethernet (100BaseT)
  2. Kabel UTP kategori 5e ; adalah kabel Utp yang memiliki frekuensi serta kecepatan seperti kabel UTP 5. Kabel ini disebut Enhanced Category 5, karena merupakan perbaikan dari kabel UTP 5. 
  3. Kabel UTP kategori 6 ; merupakan kabel UTP yang memiliki frekuensi dan kecepatan sampai denhan 250 Mbps, Digunaka untuk jaringan Gigabit Ethernet
  • Kabel Fiber Optic (FO) 
    Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan
kabel Fiber Option merupakan kabel jaringan yang dapat mentranmisi cahaya. memiliki jangkauan yang lebih jauh sampai dengang ratusan kilometer dan lebih tahan terhadap interferensi elektromagnetik.

mampu mengirim data dengan kecepatan yang lebih tinggi dengan jenis kebel yang lain. terdiri dari dua jenis, yaitu kebel Single Mode dan Multi Mode. perbedaanya, kabel single mode dapat mengirim data yang lebih jauh dan hanya mengirim satu sinyal pada satu waktu, sedangkan kabel Multi Mode mengirin sinyal yang berbeda serta mengirim data pada saat yang bersamaan. selain itu kabel Single Mode dapat menjangkau ratusan kilometer, sedangkan kabel Multi Mode biasanya hanya menjangkau kurang lebih 500 meter.

Ke, Sembilan : Prangkat Jarigan Konektor

Konektor merupakan perangkat yang digunakan sebagai penghubing kabel dan terpasang pada ujung ujung kabel. jenis koneltor yang digunakan harus sesuai dengan jenis kabel yang di gunakan.

Ada beberapa jenis konektor yang biasa terpasang pada perangkat komputer, diantaranya ialah:
  1. Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP
  2. Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial
  3. Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic.
Ya, keberadaan konektor memang tidak dapat dipisahkan dengan perangkat lain, meskipun sepintas ia tak banyak fungsi, tapi dengan tidak adanya konektor maka komputer juga tak bisa berfungsi.

Di atas adalah macam-macam perangkat jaringan komputer yang sering di gunakan sebagai pendukung dalam mengalirkan data sinyal ke perangkat komputer.

Ke-Sepuluh ;  Prangkat jaringan Access Point
Prangkat jaringan Access Point

Access Point kegunaannya mirip dengan router. Namun Access Point memiliki fungsi yang sebenarnya ialah untuk memancarkan Wireless sinyal yang dipancarkan dari router untuk membuat jaringan WLAN.

Access point ini terdiri dari antenna dan transceiver yang digunakan untuk transmisi dan menerima sinyal dari client atau sebaliknya. Dengan adanya AP ini, kita dapat terhubung dengan jaringan LAN secara nirkabel.

Dengan kata lain, access point ini berfungsi menghubungkan dua jenis jaringan yang berbeda, yaitu antara jaringan wireless dan jaringan LAN.

Salah satu kelebihan Access Point ini adalah dapat tersambung langsung dengan broadband atau router.

Ke-Sebelas ; Crimping Tools
Crimping Tools

Crimping Tools merupakan peralatan yang digunakan untuk memasang kenektor RJ45 pada kabel UTP.

Ke-Duabelas; Tester 
Tester

tester digunakan untuk mengecek kebenaran pemasangan konektor pada kebel jaringan. 

yappp itu dia yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat mohon maaf atas segala kekurangan, silahkan share .! biar temen temen kita yang lain pada tahu juga. OK,,.! untuk pembahasanya silahakn kalian ikuti panspage saya, karna akan bayak info lainnya tentang jaringan yang harus kita ketahui. dan disini saya bahas secara lengkap.Dengan adanya beberapa perangkat jaringan yang telah disebutkan diatas, kedua komputer atau lebih bisa saling terhubung dan saling bertukar data.


Demikianlah Artikel Macam-macam Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan lengkapnya (Simple & Lengkap))

Sekianlah artikel Macam-macam Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan lengkapnya (Simple & Lengkap)) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Macam-macam Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan lengkapnya (Simple & Lengkap)) dengan alamat link https://jelajah-android.blogspot.com/2018/09/macam-macam-prangkat-jaringan-komputer.html

0 Response to "Macam-macam Prangkat Jaringan komputer serta penjelasan lengkapnya (Simple & Lengkap))"

Posting Komentar