Cara Mudah SETTING JARINGAN Computer Local

Cara Mudah SETTING JARINGAN Computer Local - Hallo selamat datang di Informasi Seputar Android, Saat ini kita akan mengulas postingan tentang Cara Mudah SETTING JARINGAN Computer Local, Dari sumber informasi terpercaya dan sangat akurat, untuk Artikel JARINGAN, Artikel Teknik komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mudah SETTING JARINGAN Computer Local
link : Cara Mudah SETTING JARINGAN Computer Local

Baca juga


Cara Mudah SETTING JARINGAN Computer Local

 SETTING JARINGAN  COMPUTER LOCAL
Assalamualikum Wr.Wb
selamat datang dan berjumpa kembali..!!
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa hanya sebuah komputer harus saling terhubung agar dapat berkomunikasi. Dengan hal itu maka diperlukan sebuah jaringan, nah untuk membuat jaringan computer local tersebut, perlu dilakukan pengaturan workgroup atau domain, serta IP address untuk komputer tersebut.

Pengaturan workgroup atau domain.
Pada contoh ini saya menggunakan MS Windows XP dan professional SP2
http://jelajah-android.blogspot.co.id/
  • yang pertama Klik Kanan ikon my computer pada desktop dan pilih properties pada menu pop up yang muncul.
  • kedua klik tab Computer name pada kotak dialog system properties. Agar dapat dikenal dalam sebuah jaringan komputer lokal yang kita gunakan harus memiliki sebuah nama yang unik. Pada bagian full computer name.
  • untuk mengubah nama komputer Klik tombol change sehingga muncul kotak dialog Computer changes yang baru pada bagian Computer name.
  • bila jaringan yang ingin kita gunakan merupakan sebuah workgroup, pilih workgroup dan ketika nama workgroup yang sesuai. Angkan bila jaringan yang ingin kita gunakan memiliki sebuah domain, play-doh mainan ketika nama domain yang sesuai
  • bila telah selesai, klik tombol Ok dan restart komputer.
Melakukan pengaturan setting IP
Setelah setting nama komputer beserta nama workgroup atau domain langkah berikut yang perlu kita lakukan adalah mengatur setting IP address untuk komputer yang kita gunakan. IP address ibarat alamat sebuah rumah. dalam prakteknya, iP address berupa rangkaian dikit dalam susunan empat kelompok misalnya : 192.168.0.12.
melakukan pengeturan setting ip

  • pertama klik My Network places (untuk window XP) atau main Network neighborhood 3 windows 92 atau window  2000) pada desktop, dan pilih menu properties pada menu pop up yang muncul.
  •  klik ikon local area connection pada network connections
  • pada kotak dialog local area connection properties.internet Protocol (tCP IP) dan Klik tombol properties.
  • pada kotak dialog internet Protocol (TCP IP) properties, pilih jenis pengaturan IP yang diinginkan.
    • pilih obtain an IP address automatically bila kita ingin menggunakan IP address secara otomatis.
    • untuk mengatur setting IP address secara manual, use the following IP address. Baris yang diinginkan, misalnya: 192.168.0.12. Nilai subnet Mask (pada Windows XP) akan terisi secara otomatis.
  •   klik tombol Ok dan restart komputer. Setting antara kita atur sudah dapat digunakan.
Cara melihat komputer dan perangkat yang terhubung dalam sebuah jaringan

Setelah semua Setting tersebut diatur, maka kita telah terhubung dengan jaringan komputer. Kita dapat berbagi file, pada komputer lain, dan menggunakan printer di ruang lain dalam sebuah jaringan.
Pastikan bahwa kita benar-benar telah terhubung dalam sebuah jaringan, layar komputer Siapa saja yang terhubung dalam jaringan tersebut, lakukan salah satu langkah berikut ini.

  • masuk ke dalam dos prompt. Caranya klik menu start > run dan kritikan CMD (windows XP atau windows 2000) atau comand untuk (Windows 9x ). Pada dos prompt , ketikan perintah net view sehingga muncul daftar nama komputer.
  • cara kedua untuk melihat daftar komputer dalam sebuah jaringan kanan,klik ikon my Network places pada desktop dan pilih explore pada menu pop up yang muncul. Pilih microsoft window Network, sehingga akan terlihat nama workgroup atau domain, komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut.
 
http://jelajah-android.blogspot.co.id/
    yaa, itulah seputara seetingan pada komputer local. yang membahas Pengaturan workgroup atau domain,Melakukan pengaturan setting IP,Cara melihat komputer dan perangkat yang terhubung dalam sebuah jaringan. 

    SEMOGA BERMANFAAT..! 
    SHARE DAN FOLLOW UNTUK BERLANGGANAN



    Demikianlah Artikel Cara Mudah SETTING JARINGAN Computer Local

    Sekianlah artikel Cara Mudah SETTING JARINGAN Computer Local kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

    Anda sekarang membaca artikel Cara Mudah SETTING JARINGAN Computer Local dengan alamat link https://jelajah-android.blogspot.com/2017/11/cara-mudah-setting-jaringan-computer.html

    0 Response to "Cara Mudah SETTING JARINGAN Computer Local"

    Posting Komentar