Pengerian Switch, Hub , Router Dan Bridge (JARINGAN KOMPUTER)

Pengerian Switch, Hub , Router Dan Bridge (JARINGAN KOMPUTER) - Hallo selamat datang di Informasi Seputar Android, Saat ini kita akan mengulas postingan tentang Pengerian Switch, Hub , Router Dan Bridge (JARINGAN KOMPUTER), Dari sumber informasi terpercaya dan sangat akurat, untuk Artikel 2018, Artikel ILMU KOMPUTER, Artikel JARINGAN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengerian Switch, Hub , Router Dan Bridge (JARINGAN KOMPUTER)
link : Pengerian Switch, Hub , Router Dan Bridge (JARINGAN KOMPUTER)

Baca juga


Pengerian Switch, Hub , Router Dan Bridge (JARINGAN KOMPUTER)

Pengerian Switch, Hub , Router Dan Bridge (JARINGAN KOMPUTER)

asslamualaikum, hai apakabra semua..? kali ini saya berkesempatan untuk berbagi/ bemberikan informasi seputar jaringan komputer, dimana kali ini saya akan menjelaskan Pengerian Switch, Hub , Router Dan Bridge secara jelas namun simple. semoga kalian dapat memahaminya dengan mudah. langsung saja silahkan baca dengan seksama, terimakasih..!

Pengerian Switch

Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor / penghubung . Dilihat dari fungsinya , terlihat mirip dengan Hub . Perbedaan kedua alat ini adalah soal besaran luas jaringan yang dapat dikerjakan dan besaran kecepatan transfer data . Switch memiliki cakupan luas jaringan yang lebih besar dari Hub , dan Switch juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan Hub . Sampai saat ini besaran kecepatan transfer data tertinggi Hub adalah 100 Mbps . Sementara Switch telah dikembangkan untuk dapat melakukan fungsinya dengan kecepatan diatas 100 Mbps . Bahkan ada yang hampir mendekati kecepatan 1Gbps . Perbedaan Switch dan Hub juga terletak di tempat keduanya  bekerja . Switch bekerja pada Layer 2 dan Layer 3 . Sementara Hub bekerja pada Layer 1 . Switch bekerja berdasarkan alamat MAC pada NIC ( Network Interface Card ) . Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemana paket data itu akan dikirim dan diterima . Sistem ini juga dibentuk agar tidak terjadi tabrakan pada jalur pengiriman data (collision ) antara port satu dengan yang lain . 

Pengerian Hub

Hub adalah bentuk sederhana dari Switch . Hub digunakan untuk jaringan sederhana . Cara kerja Hub adalah menyalin paket data dari sumber yang terkoneksi pada suatu port dan mentransferkannya ke seluruh port yang tersambung pada Hub . Saat ini Hub sudah mulai ditinggalkan karena berbagai kelemahan seperti jangkauan , kecepatan transfer data , dan resiko loss data , yang membuat Switch lebih diminati  

Pengerian Router

Router juga merupakan penghubung dalam jaringan komputer . Sama seperti Hub dan Switch , Router juga berfungsi sebagai alat untuk mentransfer paket data dari satu port ke port yang lain . Perbedaannya adalah , Switch dan Hub cenderung digunakan sebagai penghubung dalam jaringan lokal / LAN ( Local Area Network ) , sementara Router dibuat sebagai alat perluasan dari jaringan LAN ke jaringan WAN dan MAN . Router digunakan dalam  jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP . Router jenis ini disebut IP Router . Router digunakan untuk memperluas jaringan data yang kecil ke jaringan yang luas . Contohnya dari jaringan LAN , oleh Router diperluas menjadi jaringan berbasis Internet . 

Pengertian Bridge

Pengertian dan Fungsi Bridge pada Jaringan Komputer. Bridge connection merupakan perangkat yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN (Local Area Connection) dengan jaringan lokal yang lain. Bridge mempunyai kelebihan yaitu dapat mengbungkan tipe jaringan komputer yang berbeda seperti Ethernet dengan Fast Ethernet.

Sekina yang bisa saya sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan, semoga bermanfaat. silahakan share di sosmed kalian ..! terimakasih sudah berkunjung..!


Demikianlah Artikel Pengerian Switch, Hub , Router Dan Bridge (JARINGAN KOMPUTER)

Sekianlah artikel Pengerian Switch, Hub , Router Dan Bridge (JARINGAN KOMPUTER) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengerian Switch, Hub , Router Dan Bridge (JARINGAN KOMPUTER) dengan alamat link https://jelajah-android.blogspot.com/2018/07/pengerian-switch-hub-router-dan-bridge.html

0 Response to "Pengerian Switch, Hub , Router Dan Bridge (JARINGAN KOMPUTER)"

Posting Komentar