Cara Mudah Bedakan RAM DDR1, DDR2, DDR3, Penjelasan Lengkap

Cara Mudah Bedakan RAM DDR1, DDR2, DDR3, Penjelasan Lengkap - Hallo selamat datang di Informasi Seputar Android, Saat ini kita akan mengulas postingan tentang Cara Mudah Bedakan RAM DDR1, DDR2, DDR3, Penjelasan Lengkap, Dari sumber informasi terpercaya dan sangat akurat, untuk Artikel ILMU KOMPUTER, Artikel Teknik komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mudah Bedakan RAM DDR1, DDR2, DDR3, Penjelasan Lengkap
link : Cara Mudah Bedakan RAM DDR1, DDR2, DDR3, Penjelasan Lengkap

Baca juga


Cara Mudah Bedakan RAM DDR1, DDR2, DDR3, Penjelasan Lengkap

Assalamualikum Wr. Wb
hallo apakabar guys..? selamat siang dan selamat datang kembali di Malbra News. ok, kali ini saya akan berbagi info terkait RAM. yaap, tepatnya yaitu cara membedakan RAM apakah DDR 1, DDR 2 atau DDR 3. cara yang akan saya berikan terdiri dari 3 cara, bagaimana jelasnya..? yuu, kita simak bersama. tapi sebelum itu alangkah baiknya temen-temen ketahui dulu apa itu RAM.

Cara Mudah Bedakan RAM DDR1, DDR2, DDR3, Penjelasan Lengkap

Pengertian RAM (Random Access Memory)

RAM merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh PC ataupun laptop. RAM komputer merupakan suatu bentuk memori yang merupakan bagian dari hardware PC atau laptop, yang bertugas untuk melakukan penyimpanan memori secara acak dari aplikasi yang sedang berjalan / software. RAM memiliki kecepatan membaca data yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan harddisk biasa.

Inilah yang menyebabkan, mengapa PC atau laptop dengan RAM yang lebih tinggi kapasitasnya dapat berjalan dengan lebih lancar. Saat ini ukuran RAM bervariasi, mulai dari 1 GigaByte, hingga lebih dari 32 GigaByte untuk PC dan juga laptop modern. Namun, generasi sebelumnya, alias PC dan juga Laptop jadul biasanya memiliki RAM dengan kapasitas masih berada pada ukuran KiloByte.

Saat ini, penggunaan RAM pada pc atau laptop sudah berada pada banyak generasi, dimana generasi pertama dikenal dengan istilah SDRAM, yang saat ini sudah ditinggalkan penggunaannya, kemudian DDR (Double Data Rate), DDR 2, dan sampai saat ini, DDR 3 merupakan generasi terbaru yang banyak digunakan pada PC dan juga laptop konvensional. Penggunaan DDR 1, 2, dan juga 3 terletak pada fungsi utama dari RAM tersebut. RAM dengan DDR yang paling tinggi memiliiki kecepatan membaca paling baik dan juga paling cepat.

Cara Mudah Membedakan DDR RAM

Bagi yang ingin memahami lebih lanjut mengenai DDR pada RAM, maka paling tidak user harus mengetahui perbedaan utama dari DDR RAM. Bagaimana cara membedakan DDR RAM? Ok, caranya yu kita simak..! seperti yang saya katakan di atas terdapat 3 cara untuk membedakannya, yaitu sebagai berikut..!

Cara Mudah Membedakan DDR RAM
  •   Cara Pertama Membedakan DDR RAM

Pada cara pertama ini sangatlah mudah, yaitu User hanya perlu melihat bungkus dari RAM yang dibeli, dimana akan tertulis DDR 1, DDR 2, ataupun DDR 3. dikarnakan biasanya, pabrik pembuat memory sudah melampirkan jenis DDR dari RAM yang mereka jual di pasaran.
  • Cara Kedua Membedakan DDR RAM

Ok, dicara kedua ini user hanya perlu  melihat clock atau kecepatan baca dari RAM yang akan anda beli atau gunakan. yaap, karna dapat dipastikan setiap generasi DDR RAM memiliki spesifikasi yang berbeda. berikut cara membedakannya..!

Perbedaan Spesifikasi RAM DDR 1,  DDR 2,  DDR 3

  1. RAM DDR 1 => Memiliki Nomor seri : PC2100 - kecepatan : 266 MHz, Nomor seri PC2700 - kecepatan 333 MHz, dan Seri : PC3200 - kecepatan : 400 MHz.
  2. RAM DDR 2 => Memiliki nomor seri : PC4200 - kecepatan : 533 MHz, nomor seri PC5300 - kecepatan : 667 MHz, dan Seri : PC6400 - kecepatan : 800 MHz.
  3. RAM DDR 3 => memiliki kecepatan yang bervariasi sesuai dengan nomor serinya, antara 400 hingga 1066 MHz.
Apabila dilihat dari kecepatannya, maka dapat dipastikan RAM DDR 3 memiliki kecepatan membaca yang paling tinggi dibandingkan generasai DDR sebelumnya.

  • Cara Ketiga Membedakan DDR RAM

eemh, yang terakhir yaitu cara ke-tiga, dicara yang ini user tinggal lihat RAM DDR secara fisik. RAM DDR memiliki semacam sekat atau soket pada bagian bawah. Letak soket atau sekat yang berada pada bagian bawah RAM DDR berebeda – beda.
  1. RAM DDR 1, letak sekat berada pada bagian tengah dari Memory tersebut.
  2. RAM DDR 2, letak sekat berada sedikit ke kiri, 
  3. RAM DDR 3,  berada lebih ke kiri lagi. 
yap, itulah cara yang 3 cara membedakan RAM DDR. untuk melihat ciri ini memang agak sulit, karena itu cara yang paling efektif adalah dengan cara melihat spesifikasi dari produk RAM yang akan di beli.

Cara spesifikasi RAM pada PC /Laptop

Apabila sudah membeli laptop ataupun PC, namun tidak mengetahui spesifikasi lengkap dari PC atau laptop yang telah beli, maka user bisa melakukan pengecekan RAM pada PC, yang harus anda lakukan adalah:
  •     Buka Windows Explorer (Tombol windows + E pada keyboard).
  •     Klik kanan pada My Computer.
  •     Lalu pilih menu Properties.
  •     Ketika menu properties sudah muncul, maka user akan melihat spesifikasi dari RAM yang sudah terinstall pada laptop atau PC 
 yappp, mungkin cukup sekian untuk info hari ini, silahkan aktifkan notipication untuk info menarik lainnya. share jika menurut kalian bermanfaat, SALAM ANAK TEKNIK


Demikianlah Artikel Cara Mudah Bedakan RAM DDR1, DDR2, DDR3, Penjelasan Lengkap

Sekianlah artikel Cara Mudah Bedakan RAM DDR1, DDR2, DDR3, Penjelasan Lengkap kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mudah Bedakan RAM DDR1, DDR2, DDR3, Penjelasan Lengkap dengan alamat link https://jelajah-android.blogspot.com/2018/10/cara-mudah-bedakan-ram-ddr1-ddr2-ddr3.html

0 Response to "Cara Mudah Bedakan RAM DDR1, DDR2, DDR3, Penjelasan Lengkap"

Posting Komentar